Flowchart Multimedia Interaktif
Flow Chart adalah suatu bagan yang berisi simbol-simbol grafis yang menunjukkan arah/alur kegiatan dan data-data yang dimiliki program sebagai suatu proses eksekusi, biasanya bersifat umum dan tidak tergantung pada bahasa pemrograman yang digunakan.
Diagram alir (bahasa Inggris: flowchart) bagan alir, atau bagan arus adalah sebuah jenis diagram yang mewakili algoritme, alir kerja atau proses, yang menampilkan langkah-langkah dalam bentuk simbol-simbol grafis, dan urutannya dihubungkan dengan panah. Diagram ini mewakili ilustrasi atau penggambaran penyelesaian masalah. Diagram alir digunakan untuk menganalisis, mendesain, mendokumentasi atau memanajemen sebuah proses atau program di berbagai bidang. Flowchart dapat digambar manual ataupun dengan software seperti Microsoft Office Visio dan Online Flowchart Maker.
Dasar-Dasar Flow Chart
Salah satu langkah awal yang harus dikembangkan dalam memproduksinya yaitu mendesain model alur berfikir isi program tersebut, yaitu biasa disebut dengan model flow chart.
Dalam setiap desain alur kerja atau alur suatu pemprosesan informasi (information processing) hendaknya berdasarkan atas visualisasi flow chart yang komunikatif.
Tujuan dengan alur dan jalur proses pengerjaan sesuatu dapat dengan mudah dipahami dan dilalui serta diikuti user secara menyeluruh dan bermakna. Dalam sistem pembelajaran berbasis komputer model apa pun, istilah flow chart ini lebih dikenal dengan prosedur pembelajaran.
Hakikat flow charts atau bagan alur adalah suatu bagan yang berisi simbol-simbol grafis yang menunjukan arah aliran kegiatan dan data-data yang dimiliki program sebagai suatu proses eksekusi.
TUJUAN FLOWCHART
- Menggambarkan suatu tahapan penyelesaian masalah secara sederhana, terurai, rapi dan jelas menggunakan simbol-simbol standar
- Menjadi acuan dalam menyusun dan menggembangkan sebuah produk atau aplikasi
- Sebagai analisis yang efektif untuk mempermudah penyelesaian suatu masalah khususnya masalah yang perlu dipelajari dan dievaluasi lebih lanjut.
- Komunikasi: Flowcharts adalah cara yang lebih baik untuk mengkomunikasikan logika sistem kepada semua pihak.
- Diagram alur program berfungsi sebagai dokumentasi program yang baik, yang diperlukan untuk berbagai tujuan.
- Diagram alur bertindak sebagai panduan atau cetak biru selama fase proses analisis sebuah sistem dan fase pengembangan program.
JENIS FLOWCHART MENURUT ECMA
Flowchart System
Bagan alir sistem (systems flowchart) merupakan bagan yang menunjukkan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem. Bagan ini menjelaskan urut-urutan dari prosedur- prosedur yang ada di dalam sistem. Bagan alir sistem menunjukkan apa yang dikerjakan di sistem. Bagan alir sistem digambar dengan menggunakan simbol-simbol.
Flowchart Program
Yaitu bagan yang menggambarkan urutan logika dari suatu prosedur pemecahan masalah. Simbol yang digunakan :
- menunjukkan awal dan akhir dari program
- memberikan nilai awal pada suatu variabel atau counter
- menunjukkan pengolahan aritmatika dan pemindahan data
- menunjukkan proses input atau output
PEDOMAN-PEDOMAN DALAM MEMBUAT FLOWCHART
- Flowchart digambarkan dari halaman atas ke bawah dan dari kiri ke kanan.
- Aktivitas yang digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan definisi ini harus dapat dimengerti oleh pembacanya.
- Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara jelas.
- Setiap langkah dari aktivitas harus diuraikan dengan menggunakan deskripsi kata kerja, misalkan MENGHITUNG NILAI SISWA
- Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada urutan yang benar.
- Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan harus ditelusuri dengan hati-hati. Percabangan-percabangan yang memotong aktivitas yang sedang digambarkan tidak perlu digambarkan pada flowchart yang sama. Simbol konektor harus digunakan dan percabangannya diletakan pada halaman yang terpisah atau hilangkan seluruhnya bila percabangannya tidak berkaitan dengan sistem.
- Gunakan simbol-simbol flowchart yang standar
Bentuk-bentuk yang digunakan dalam Flow Chart
Dua Proses Struktur Dasar pada Flow Chart
1. Pemilihan Berkondisi
Yaitu pemilihan langkah berikutnya yang ditentukan berdasarkan suatu kondisi, seperti: jika kondisi terpenuhi, maka proses berlanjut, jika tidak proses menempuh alternatif lain, hal ini diungkap melalui pernyataan IF-THEN atau IF-THEN-ELSE, contoh segment proses pemilihan;
2. Proses Pengulangan
Berlangsung atas jumlah pengulangan yang ditetapkan saat program dibuat/ditetapkan dan saat program dijalankan, diungkapkan melalui pernyataan REPEAT-UNTIL, FOR-DO, atau WHILE-DO, contoh segment Pengulangan.
SIMBOL-SIMBOL FLOWCHART
Bentuk | Nama | Keterangan |
Garis atau tanda panah | Menunjukkan urutan proses. Tanda panah digunakan untuk aliran yang tidak standar yaitu aliran yang bukan aliran dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan. | |
Terminal | Menunjukkan awal atau akhir dari program atau sub-proses. Biasanya berisi kata “Mulai” atau “Selesai”. Atau istilah lain yang menunjukkan dimulainya atau diakhirinya proses. | |
Proses | Mewakili sebuah operasi yang akan merubah nilai, bentuk, atau lokasi dari data. | |
Keputusan | Menunjukkan operasi kondisional yang menentukan satu dari dua jalur yang akan dipakai program. Operasi ini biasanya adalah pertanyaan “ya/tidak” atau “benar/tidak”. | |
Input/Output | Menunjukkan proses peng-input-an dan peng-output-an data, contohnya untuk memasukkan atau menampilkan data. | |
Anotasi (komentar) | Mengindikasikan informasi tambahan tentang suatu langkah di dalam program. Digambarkan dengan sebuah segi empat terbuka dengan garis utuh atau garis putus-putus yang menghubungkannya dengan simbol tertentu di flowchart. | |
Predefined process | Predefined process (proses yang sudah ditentukan sebelumnya) menunjukkan proses yang sudah didefinisikan di tempat lain. | |
On-page Connector | On-page Connector (konektor di dalam satu halaman) adalah sepasang konektor berlabel yang digunakan untuk menggantikan garis yang panjang atau yang membingungkan. Digambarkan dengan lingkaran kecil dengan sebuah huruf di dalamnya. | |
Off-page Connector | Off-page Connector (konektor di luar halaman) adalah konektor berlabel yang digunakan ketika targetnya berada di halaman lain. |
Simbol Flowchart lainnya
Bentuk | Nama | Keterangan |
File data atau basis data | Data yang diwakili oleh silinder (disk drive). | |
Dokumen (tunggal) | Dokumen tunggal. | |
Dokumen (lebih dari satu) | Dokumen yang jumlahnya lebih dari satu. | |
Operasi Manual | Menunjukkan suatu operasi atau penyesuaian proses yang hanya bisa dilakukan secara manual. | |
Input Manual | Input manual | |
Persiapan atau Inisialisasi | Awalanya digunakan untuk langkah-langkah seperti menyiapkan saklar atau menginisialisasi sebuah routine (serangkaian kode yang digunakan berkali-kali dalam sebuah program). |
Flowchart juga bisa dikatakan sebagai perencanaan suatu tindakan atau perencanaan atas kemungkinan-kemungkinan yang mungkin terjadi.
Flowchart dibutuhkan dalam kehidupan sebagai penyederhanaan rencana dari tindakan-tindakan yang akan kita lakukan. Ketika ingin melakukan sesuatu jangan terlalu banyak berharap bahwa semua tindakan akan berjalan lancar, pasti akan ada kesulitan atau rintangan-rintangan. Dengan melakukan suatu perencanaan kita bisa mempersiapkan diri terlebih dahulu ketika ada kesulitan/rintangan/hambatan yang menghadang.
Buat perencanaan (hidup) dengan hasil akhir yang ideal terlebih dahulu, kemudian baru pikirkan tentang kesulitan/rintangan/hambatan yang mungkin terjadi. Pikirkan apa yang harus dilakukan ketika muncul suatu kesulitan/rintangan/hambatan. Pikirkan apa solusi idealnya, apa solusi yang realistis, dan apa yang harus dilakukan jika tidak menemukan solusinya.
Contoh-Flowchart:
CONTOH FLOWCHART MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF
Posting Komentar untuk "Flowchart Multimedia Interaktif"