Contoh Soal Rekayasa Perangkat Lunak Dan Jawaban
Rekayasa Perangkat Lunak atau sering disebut RPL adalah sebuah mata pelajaran dan juga jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mempelajari tentang software, contohnya seperti pembuatan aplikasi, website dan program lainnya. Dalam pembahasan kali ini kami akan membagikan sebuah soal RPL yang telah kami padukan dalam beberapa materi menjadi sebuah soal latihan untuk anda yang sedang mempelajari tentang Rekayasa Perangkat Lunak ini.
Contoh Soal Dan Jawaban Rekayasa Perangkat Lunak dalam ujian akhir semester atau pun ujian lainnya. siswa bisa memahami dan latihan mengerjakan Soal-Soal Rekayasa Perangkat Lunak. karena ujian kejuruan itu butuh waktu lama untuk memahaminya.
Berikut Contoh Soal Dan Jawaban Rekayasa Perangkat Lunak
1. Perangkat lunak mempuantai dua hal pokok adalah
a. Konsep dasar rekayasa perangkat lunak
b. Proses dan metode perangkat lunak
c. Evaluasi perkembangan sofwere
d. Karakteristik dan atribut perangkat lunak
Jawaban: a. Konsep dasar rekayasa perangkat lunak
2. Rekayasa perangkat lunak jelas di batasi oleh hokum local nasional dan internasional…
a. Metode proses perangkat lunak
b. Tanggun jawab professional dan etika
c. Karakteristik dan atribut perangkat lunak
d. Metode peran aksi
Jawaban: b. Tanggun jawab professional dan etika
3. Setiap fase membutukan informasi masukan, proses dan difinisi dengan baik adalah
a. Model biaya
b. Model fase
c. Model prototype
d. Model seccersive
Jawaban: b. Model fase
4. melakukan transformasi informasi yang memproduksi, mengatur, memodifikasi, menampilkan atau memancarkan informasi adalah
a. Sebagai kendaraan
b. Aplikasi perangkat lunak
c. Sebagai produk
d.Perangkat Lunak System
Jawaban: c. Sebagai produk
5. sekumpulan program yang dibangun untuk melayani program lain adalah
a. Perangkat Lunak System
b. Perangkat Lunak Bisnis
c. Perangkat Lunak Teknik dan Ilmu Pengetahuan
d. Perangkat Lunak yang Dilekatkan
Jawaban: a. Perangkat Lunak System
6. seluruh perintah yang digunakan untuk memproses informasi
a. Perangkat Lunak
b. Aplikasi
c. Desain
d. Analisa
Jawaban: a. Perangkat Lunak
7. Faktor-faktor yang melatar belakangi munculnya rekayasa perangkat lunak kecuali….
a. Ketidakmampuan organisasi memprediksi waktu, usaha dan biaya untuk
b. Kemajuan pesat perangkat keras
c. Kemajuan dalam teknik-teknik pembuatan perangkat lunak
d. software Requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak
Jawaban: d. software Requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak
8. Program yang digunakan untuk membantu operasional bisnis adalah
a. Perangkat Lunak Teknik
b. Perangkat Lunak yang Dilekatkan
c. Perangkat Lunak Real Time
d. Perangkat Lunak Bisnis
Jawaban: d. Perangkat Lunak Bisnis
9. Program pada komputer personal seperti pengolah kata (Microsoft Word), spreadsheet (Microsoft Excel), multimedia, dan lain-lain adalah
a. Perangkat Lunak Komputer Personal
b. Perangkat lunak kecerdasan buatan
c. Perangkat lunak tidak pernah using
d. Perangkat Lunak Bisnis
Jawaban: a. Perangkat Lunak Komputer Personal
10. sebagai pengantar perangkat lunak lain, sebagai kontrol komputer, komunikasi informasi dan kontrol terhadap piranti lingkungan adalah
a. Aplikasi perangkat lunak
b. Perangkat Lunak Bisnis
c. Sebagai kendaraan
d. Perangkat Lunak System
Jawaban: c. Sebagai kendaraan
11. berhubungan dengan detil pengembangan perangkat lunak, termasuk algoritma, pengkodean, pengujian, dan pencarian kesalahan adalah
a. Software construction
b. Software testing
c. Software configuration
d. Software engineering
Jawaban: a. Software construction
12. Sekumpulan aktifitas yang saling terkait (koheren) untuk menspesifikasikan, design, implementasi dan pengujian sistem perangkat lunak adalah
a. Software construction
b. Software testing
c. Software configuration
d. Software Process
Jawaban: d. Software Process
13. mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan adalah
a. Software construction
b. Software testing
c. Software maintenance
d. Software configuration
Jawaban: c. Software maintenance
14. memonitor, mengontrol dan menganalisis kejadian dunia nyata pada saat terjadinya
a. Perangkat Lunak System
b. Perangkat Lunak Real Time
c. Perangkat Lunak Bisnis
d. Perangkat Lunak Teknik
Jawaban: b. Perangkat Lunak Real Time
15. Problem Perangkat Lunak kecuali
a. Perangkat lunak tidak berfungsi secara baik (kualitas yang kurang)
b. Ketidaktepatan penjadwalan proses dan biaya produksi
c. Produktivitas yang belum dapat memenuhi tuntutan kebutuhan pemakai
d. Menghasilkan perangkat lunak yang berkinerja tinggi
Jawaban: d. Menghasilkan perangkat lunak yang berkinerja tinggi
16. mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode Rekayasa perangkat lunak adalah
a. Software engineering tools and methods
b. Software engineering process
c. Software quality
d. Software engineering management
Jawaban: a. Software engineering tools and methods
17. aktivitas pengujian fungsionalitas satuan terkecil dari sebuah perangkat lunak adalah
a. Unit Test (UT)
b. Integration Test (IT)
c. User Acceptance Test (UAT)
d. Strategi perangkat lunak
Jawaban: a. Unit Test (UT)
18. Yang dapat memberikan hasil pengujian yang menyeluruh adalah
a. Non-incremental testing
b. Incremental testing
c. Proses debugging
d. machine time
Jawaban: b. Incremental testing
19. suatu proses dimana kebutuhan pemakaiditerjemahkan menjadi produk perangkat lunak adalah
a. Proses Pengembangan Perangkat Lunak
b. Siklus Pengembangan Perangkat Lunak
c. Model Proses Pengembangan Perangkat Lunak
d. Prototyping Model
Jawaban: a. Proses Pengembangan Perangkat Lunak
20. Mengoreksi kesalahan pada perangkat lunak, yang baru terdeteksi pada saat perangkat lunak dipergunakan adalah
a. Corrective Maintenance
b. Adaptive Maintenance
c. Perfektive Maintenance
d. Prototyping Model
Jawaban: a. Corrective Maintenance
21. perangkat lunak yang memadukan wujud pengulangan dari model prototyping dengan aspek pengendalian dan sistematika darilinear sequential model adalah
a. Spiral Model
b. RAD (Rapid Application Development) Model
c. Fourth Generation Techniques (4GT)
d. Prototyping Model
Jawaban: a. Spiral Model
22. Struktur Data, Arsitektur perangkat lunak,Prosedur detil dan Karakteristik Antarmuka adalah
a. Pembuatan kode(Coding)
b. Perancangan ( Design)
c. Pengujian (Testing)
d. Pemeliharaan (Maintenance)
Jawaban: b. Perancangan ( Design)
23. Informasi apa yang mengendalikan proses bisnis, Kemana informasi itu pergi dan Siapa yang memprosesnya adalah
a. Pemodelan data (Data Modelling)
b. Pemodelan bisnis(business modeling)
c. Pemodelan proses (Process Modelling)
d. Pembuatan aplikasi ( Application generation)
Jawaban: b. Pemodelan bisnis(business modeling)
24. Saat ini pengembangan perangkat lunak yang mendukung 4GT, berisi tool-tool kecuali…
a. Bahasa non prosedural untuk query basis data
b. Report generation
c. Data manipulation
d. Evaluasi
Jawaban: d. Evaluasi
25. perangkat lunak dengan menggunakan bahasa pemrograman generasi ketiga yang konvensional, RAD lebih banyak memproses kerja untuk memakai lagi komponen program yang telah ada atau menciftakan komponen yang bias dipakai lagi
a. Pembuatan aplikasi (Application generation)
b. Pemodelan proses (Process Modelling)
c. Pemodelan data (Data Modelling)
d. Pemodelan bisnis(business modeling)
Jawaban: a. Pembuatan aplikasi (Application generation)
26. sistemoperasi atau sebagai tuntutan atas perkembangan sistem computer adalah
a. Corrective Maintenance
b. Adaptive Maintenance
c. Perfektive Maintenance
d. Linear Maintenance
Jawaban: b. Adaptive Maintenance
27. Bila perangkat lunak sukses dipergunakan oleh pemakai. Pemeliharaan ditujukan untuk menambah kemampuannya sepertimemberikan fungsi-fungsi tambahan, peningkatan kinerja
a. Corrective Maintenance
b. Adaptive Maintenance
c. Perfektive Maintenance
d. Linear Maintenance
Jawaban: c. Perfektive Maintenance
28. Pengumpulan kebutuhan dengan fokus pada perangkat lunak adalah
a. Perancangan ( Design)
b. Pembuatan kode (Coding)
c. Pengujian (Testing)
d. Analisis kebutuhan perangkat lunak (Software Requirements Analysis)
Jawaban: d. Analisis kebutuhan perangkat lunak (Software Requirements Analysis)
29. System informasi yang mengambarkan hal-hal penting dari system informasi yang akan dating adalah.
a. Model Spiral
b. Model RAD (Rapid Application Development)
c. Model Fourth Generation Techniques (4GT)
d. Model Prototyping
Jawaban: d. Model Prototyping
30. Prose menterjemakah perancangan desain ke bentuk yang dapat di mengerti oleh mesin dengan mengunakan bahasa program adalah
a. Desain
b. Pengkodean
c. Pengujian
d. Pemeliharaan
Jawaban: b. Pengkodean
31. Sebagia bagian dari fase business disaring kedalam serangkai objek data yang di butuhkan untuk menopang bisnis adalah
a. Proses modeling
b. Data modeling
c. Application generation
d. Testing dan turnover
Jawaban: b. Data modeling
32. Penterjemahan perancangan ke bentuk yang dapat dimengerti oleh mesin, dengan menggunakan bahasa pemrograman
a. Perancangan ( Design)
b. Pembuatan kode (Coding)
c. Pengujian (Testing)
d. Pemeliharaan ( Maintenance)
Jawaban: b. Pembuatan kode (Coding)
33. ditransformasikanuntuk mencapai aliran informasi yang perlu bagi implementasi sebuah fungsi bisnis adalah
a. Pembuatan aplikasi (Application generation)
b. Pemodelan proses (Process Modelling)
c. Pemodelan data (Data Modelling)
d. Pemodelan bisnis(business modeling)
Jawaban: b. Pemodelan proses (Process Modelling)
34. tiap pengembang perangkat lunak menentukan beberapa karakteristik perangkat lunak pada level tinggi adalah
a. Spiral Model
b. RAD (Rapid Application Development) Model
c. Fourth Generation Techniques (4GT)
d. Prototyping Model
Jawaban: c. Fourth Generation Techniques (4GT)
35. membuat perancangan sementara yang berfokus pada penyajian kepada pelanggan adalah
a. Pengumpulan kebutuhan
b. Membangun prototyping
c. Evaluasi protoptyping
d. Mengkodekan system
Jawaban: b. Membangun prototyping
36. Pelanggan dan pengembang bersama-sama mendefinisikan format seluruh perangkat lunak adalah
a. Pengumpulan kebutuhan
b. Membangun prototyping
c. Evaluasi protoptyping
d. Mengkodekan system
Jawaban: a. Pengumpulan kebutuhan
37. apakah prototyping yang sudah dibangun sudah sesuai dengan keinginan pelanggan atau belum. Jika sudah sesuai, maka langkah selanjutnya akan diambil adalah
a. Pengumpulan kebutuhan
b. Membangun prototyping
c. Evaluasi protoptyping
d. Mengkodekan system
Jawaban: c. Evaluasi protoptyping
38. Perangkat lunak yang telah diuji dan diterima pelanggan siap untuk digunakan adalah
a. Menggunakan system
b. Evaluasi Sistem
c. Menguji system
d. Mengkodekan system
Jawaban: a. Menggunakan system
39. digunakan untuk menguji kelayakan dari teknologi yang akan digunakan untuk system informasi yang akan disusun
a. Feasibility prototyping
b. Requirement prototyping
c. Desain Prototyping
d. Implementation prototyping
Jawaban: a. Feasibility prototyping
40. digunakan untuk mengetahui kebutuhan aktivitas bisnis user adalah
a. Feasibility prototyping
b. Requirement prototyping
c. Desain Prototyping
d. Implementation prototyping
Jawaban: b. Requirement prototyping
41. digunakan untuk mendorong perancangan sistem informasi yang akan digunakan
a. Feasibility prototyping
b. Desain Prototyping
c. Requirement prototyping
d. Implementation prototyping
Jawaban: b. Desain Prototyping
42. merupakan hasil kombinasi elemen-elemen dari model waterfall yang diaplikasikan secara berulang adalah
a. Model Incremental
b. Model Boehm
c. Model Rapid Application Development (RAD)
d. Model Implementation
Jawaban: a. Model Incremental
43. erupakan lanjutan dari rancangan prototype, prototype ini langsung disusun sebagai suatu sistem informasi yang akan digunakan adalah
a. Desain Prototyping
b. Requirement prototyping
c. Implementation prototyping
d. Feasibility prototyping
Jawaban: c. Implementation prototyping
44. pengguna biasanya memberikan masukan berdasarkan hasil yang didapat dari tahap engineering dan instalasi adalah
a. Tahap Konstruksi dan Pelepasan
b. Tahap Rekayasa (engineering)
c. Tahap Analisis Resiko
d. Tahap Evaluasi
Jawaban: d. Tahap Evaluasi
45. pada tahap ini dibangun komunikasi yang baik dengan calon pengguna adalah
a. Tahap Planning (perencanaan)
b. Tahap Analisis Resiko
c. Tahap Liason
d. Tahap Evaluasi
Jawaban: c. Tahap Liason
46. pada tahap ini ditentukan sumber-sumber informasi, batas waktu dan informasi-informasi yang dapat menjelaskan proyek adalah
a. Tahap Planning (perencanaan)
b. Tahap Analisis Resiko
c. Tahap Liason
d. Tahap Evaluasi
Jawaban: a. Tahap Planning (perencanaan)
47. langkah yang menjadi karakteristik dalam proses pengembangan pada metode prototype, kecuali…
a. Pemilihan fungsi
b. Penyusunan Sistem Informasi
c. Perancangan Dialog
d. Evaluasi
Jawaban: c. Perancangan Dialog
48. aktifitas analisa seperti desain/rancangan atau komunikasi pelanggan dapat diskemakan dengan cara yang sama adalah
a. The Concurrent Development Mode
b. Component Assembly Model (CAM/Model Perakitan Komponen)
c. Spiral Model
d. Incremental Mode
Jawaban: a. The Concurrent Development Mode
49. digunakan sebagai sarana bagi pemakai untuk memasukkan data input bagi perangkat lunak
a. Perangkat Keyboard
b. Layar Monitor
c. Perangkat Mouse
d. Print
Jawaban: c. Perangkat Mouse
50. pemakai akan dikembangkan dengan menggunakan user interface dengan berbasis web
a. Kebutuhan Antarmuka Eksternal
b. Antarmuka Pemakai
c. Antarmuka Perangkat Keras
d. Antarmuka Perangkat Lunak
Jawaban: a. Kebutuhan Antarmuka Eksternal
51. memfokuskan pada karakteristik obyek adalah
a. Enkapsulasi
b. Abstraksi
c. Modularitas
d. Hirarki
Jawaban: b. Abstraksi
52. membagi sistem yang rumit menjadi bagian-bagian yang lebih kecil
a. Modularitas
b. Enkapsulasi
c. Abstraksi
d. Hirarki
Jawaban: a. Modularitas
53. berhubungan dengan abstraksi dan modularitas yaitu pembagian berdasarkan urutan dan pengelompokan tertentu adalah
a. Modularitas
b. Enkapsulasi
c. Abstraksi
d. Hirarki
Jawaban: a. Modularitas
54. menyembunyikan banyak hal yang terdapat dalam obyek yang tidak perlu diketahui obyek lain adalah
a. Modularitas
b. Enkapsulasi
c. Abstraksi
d. Hirarki
Jawaban: b. Enkapsulasi
55. Di bawah ini merupakan bagian-bagian dari class diagram, kecuali
a. attribute.
b. Messages
c. operation.
d. method.
Jawaban: b. Messages
56. Class diagram dalam notasi UML digambarkan dengan…
a. segitiga.
b. jajaran genjang.
c. lingkaran.
d. kotak.
Jawaban: d. kotak.
57. Cara penulisan pada attribute adalah…
a. jika terdapat lebih dari satu suku kata, maka penulisannya digabung dengan suku kata pertama menggunakan huruf kecil dan awal suku kata berikutnya menggunakan huruf besar.
b. jika terdapat lebih dari satu suku kata, maka pemulisannya digabung dan hurufnya besar semua.
c. jika terdapat lebih dari satu suku kata, maka penulisannya digabung dan hurufnya kecil semua.
d. salah semua.
Jawaban: a. jika terdapat lebih dari satu suku kata, maka penulisannya digabung dengan suku kata pertama menggunakan huruf kecil dan awal suku kata berikutnya menggunakan huruf besar.
58. Stereotype pada class diagram digambarkan dengan tanda…
a. sepasang tanda “{“ dan “}”
b. sepasang tanda “(“ dan “)”
c. sepasang tanda “//” dan”//”
d. sepasang tanda “<<” dan “>>”
Jawaban: d. sepasang tanda “<<” dan “>>”
59. Class yang tidak mempunyai induk disebut…
a. leaf class.
b. root class.
c. child class.
d. parent class.
Jawaban: b. root class.
60. Abstract class ditulis dengan huruf…
a. cetak tebal.
b. garis bawah.
c. kutip dua.
d. miring.
Jawaban: d. miring.
61. Pada UML, informasi yang unik disebut…
a. multiflier.
b. amplifier.
c. qualifier.
d. identifier
Jawaban: c. qualifier.
62. Hubungan antara class dan interface, dimana sekumpulan operation bisa digunakan oleh sejumlah class disebut dengan…
a. aggregation.
b. realization.
c. collaboration.
d. generalization.
Jawaban: b. realization.
63. Sebuah tipe agregasi yang kuat dimana bagian dari objek bergantung pada keseluruhan objek disebut dengan…
a. composite.
b. constraint.
c. context.
d. complement.
Jawaban: a. composite.
64. Class yang harus didefinisikan sebagai satu set karakter yang unik yang membedakannya dengan class-class lain dalam hirarki disebut dengan…
a. dependent.
b. abstract.
c. adjoint.
d. disjoint.
Jawaban: d. disjoint.
65. Sesuatu yang mengindikasikan keberadaan sebuah objek dalam basis waktu dan dinotasikan berupa garis putus-putus vertikal yang ditarik dari sebuah objek adalah pengertian dari…
a. message.
b. aktor.
c. lifeline.
d. activation.
Jawaban: c. lifeline.
66. Sesuatu yang mengindikasikan sebuah objek yang akan melakukan sebuah aksi dan dinotasikan berupa sebuah kotak persegi empat yang digambarkan pada garis putus-putus adalah pengertian dari…
a. message.
b. aktor.
c. lifeline.
d. activation.
Jawaban: d. activation.
67. Actor pada gambar Use Case Diagram di atas adalah…
a. pelanggan dan gudang.
b. pelanggan dan penjual.
c. gudang dan penjual.
d. semua benar.
Jawaban: d. semua benar.
68. Use case untuk gudang dengan penjual pada gambar Use Case Diagram di atas adalah…
a. mengubah status pesanan.
b. mencetak faktur.
c. menginformasikan gudang tentang pesanan.
d. semua salah.
Jawaban: d. semua salah.
69. Sebuah diagram yang digunakan untuk mendokumentasikan beragam kondisi atau keadaan yang bias terjadi terhadap sebuah class dan kegiatan apa saja yang dapat merubah kondisi atau keadaan tersebut adalah pengertian dari…
a. initial state.
b. state.
c. transition.
d. state chart.
Jawaban: d. state chart.
70. Sesuatu teknik yang berguna untuk mendiskripsikan logika procedural, proses bisnis dan aliran kerja dalam banyak kasus adalah pengertian dari…
a. use case.
b. sequence.
c. state chart.
d. activity.
Jawaban: d. activity.
71. Suatu diagram yang merupakan bagian fisik (dapat berupa tabel, file data, file exe, dynamic link library dan dokumen lainnya) dari sebuah sistem karena menetap di komputer, bukan di benak para analis adalah pengertian dari…
a. component diagram.
b. communication diagram.
c. state machine diagram.
d. deployment diagram.
Jawaban: a. component diagram.
72. Suatu diagram yang menunjukan tata letak sebuah sistem secara fisik, menampakan bagian-bagian software yang berjalan pada bagian-bagian hardware adalah pengertian dari…
a. component diagram.
b. communication diagram.
c. state machine diagram.
d. deployment diagram.
Jawaban: d. deployment diagram.
73. Kebutuhan fungsional adalah…
a. pendefinisian layanan yang harus disediakan, bagaimana reaksi sistem terhadap input dan apa yang harus dilakukan sistem pada situasi khusus.
b. kebutuhan sistem dilihat dari kacamata pengguna.
c. semua benar.
d. semua salah.
Jawaban: d. semua salah.
74. Stub Testing adalah…
a. pengujian interaksi dari modul-modul yang menyusun sistem informasi untuk menjamin bahwa sistem bekerja dengan baik.
b. pengujian yang berfokus pada apakah unit program memenuhi kebutuhan yang di sebutkan dalam spesifikasi.
c. pengujian yang berfokus dengan melihat ke dalam modul untuk meneliti kode-kode program yang ada dan menganalisa apakah ada kesalahan atau tidak.
d. pengujian yang berfokus pada struktur kendali sebelum semua modul dituliskan.
Jawaban: d. pengujian yang berfokus pada struktur kendali sebelum semua modul dituliskan.
75. Black Box Testing adalah…
a. pengujian interaksi dari modul-modul yang menyusun sistem informasi untuk menjamin bahwa sistem bekerja dengan baik.
b. pengujian yang berfokus pada apakah unit program memenuhi kebutuhan yang di sebutkan dalam spesifikasi.
c. pengujian yang berfokus dengan melihat ke dalam modul untuk meneliti kode-kode program yang ada dan menganalisa apakah ada kesalahan atau tidak.
d. pengujian yang berfokus pada struktur kendali sebelum semua modul dituliskan.
Jawaban: b. pengujian yang berfokus pada apakah unit program memenuhi kebutuhan yang di sebutkan dalam spesifikasi.
76. Jenis resiko teknologi adalah…
a. kecepatan database-engine yang digunakan tidak dapat melakukan proses transaksi sebanyak yang diinginkan.
b. terdapat kerusakan pada komponen software yang digunakan sehingga tidak sesuai dengan fungsinya.
c. semua benar.
d. semua salah.
Jawaban: c. semua benar.
77. Jenis resiko estimasi adalah…
a. perkiraan jumlah waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek terlalu rendah.
b. terdapat kerusakan pada komponen software yang digunakan sehingga tidak sesuai dengan fungsinya.
c. code yang dibangkitkan oleh tools tidak efisien.
d. tidak dimungkinkannya melakukan rekuitmen staf yang memiliki kemampuan sesuai dengan yang diinginkan.
Jawaban: a. perkiraan jumlah waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek terlalu rendah.
78. Pada tahun berapakah publikasi awal tentang IT Infrastructure Library dilakukan…
a. 1988.
b. 1989.
c. 1990.
d. 1991.
Jawaban: b. 1989.
79. Di bawah ini yang tidak termasuk ke dalam kumpulan IT Infrastructure Library adalah…
a. Planning to Implement Service Management.
b. ICT Infrastucture Management.
c. Software Asset Management.
d. Service Management.
Jawaban: d. Service Management.
80. Di bawah ini yang bukan merupakan keuntungan dari spring adalah…
a. IoC.
b. AoP.
c. Lightweight container.
d. XoP.
Jawaban: d. XoP.
81. Sebuah teknik yang membuat programmer Java Enterprise dapat memfokuskan diri kepada business logic, merupakan pengertian dari…
a. IoC.
b. Dependency Injection.
c. Crosscutting Concerns.
d. AoP.
Jawaban: a. IoC.
82. Berikut ini yang tidak termasuk ke dalam cirri-ciri lightweight container adalah…
a. Dependency Injection.
b. Consistent Configuration.
c. Service Attachment.
d. Life Cycle Configuration.
Jawaban: d. Life Cycle Configuration.
83. Kelebihan dalam menggunakan spring adalah…
a. Memiliki system keamanan yang khusus (security).
b. Membutuhkan konfigurasi yang sangat intensif (maintainability).
c. Sebagai pengatur lalu lintas data antara model dan view.
d. Semua benar.
Jawaban: d. Semua benar.
84. Spring terbagi ke dalam 7 modul kerja adalah…
a. spring AoP, spring ORM, spring DAO, spring web, spring context, spring MVC, spring core.
b. spring AoP, spring DAO, spring ROM, spring web, spring J2EE, spring XML, spring MVC.
c. spring ORM, spring AOD, spring core, spring MVC, spring web, spring J2ME, spring JDBC.
d. Semua salah.
Jawaban: a. spring AoP, spring ORM, spring DAO, spring web, spring context, spring MVC, spring core.
85. Spring memiliki 7 fitur-fitur adalah…
a. Transaction Management dan JDBC Exception Handling.
b. Integration with Hibernate, JDO dan iBatis.
c. AoP framework dan MVC framework.
d. Semua benar.
Jawaban: d. Semua benar.
86. Bagian dari arsitektur spring yang bertugas untuk pengaksesan database adalah…
a. spring AoP.
b. spring web .
c. spring ORM.
d. spring web MVC.
Jawaban: c. spring ORM.
87. Framework Java untuk web development, sama halnya seperti strust1, strust2, webwork, dll adalah…
a. Firefox Framework.
b. Opera Framework.
c. Spring Framework.
d. Google Framework.
Jawaban: c. Spring Framework.
88. Spring Framework itu terdiri dari bermacam-macam komponen salah satunya adalah…
a. MVC.
b. CEO.
c. SEO.
d. Spreadsheet.
Jawaban: a. MVC.
89. Jenis resiko estimasi adalah…
a. Planning to Implement Service Management.
b. ICT Infrastucture Management.
c. Software Asset Management.
d. Service Management.
Jawaban: d. Service Management.
90. Ada lima pembahasan perangkat lunak, kecuali....
a. Kebutuhan perangkat lunak
b. Perancangan perangkat lunak
c. Konstruksi perangkat lunak
d. Pengujian perangkat lunak
e. Materi perangkat lunak
Jawaban: e. Materi perangkat lunak
91. Tool pengembangan perangkat lunak adalah....
a. Tool berbasis computer yang dimaksudkan untuk membantu proses siklus hidup perangkat lunak
b. Tool yang digunakan dalam memaksimalkan perangkat lunak
c. Tool berbasis computer yang berbasis perangkat lunak
d. Tool yang membantu kerja komputer
e. Tool yang mendukung kerja peraangkat lunak
Jawaban: a. Tool berbasis computer yang dimaksudkan untuk membantu proses siklus hidup perangkat lunak
92. Tool dalam hubungan dengan kebutuhan perangkat lunak di golongkan ke dalam 2 kategori yaitu....
a. Tool pemodelan kebutuhan dan tool sistem
b. Tool sistem dan tool penjajahan kebutuhan lunak
c. Tool sistem dan tool manajemen
d. Tool manajemen dan tool pemodelan kebutuhan
e. Tool pemodelan kebutuhan dan tool penjajahan perangkat lunak
Jawaban: e. Tool pemodelan kebutuhan dan tool penjajahan perangkat lunak
93. Fungsi dari Tool editor program (program editor) adalah....
a. Untuk mengintekrasikan kompilator dengan editor program
b. Untuk menyedikan lingkungan program yang terinteraksi
c. Menciptakan dan memodifiksi program
d. Dapat mendukung aktivitas konstruksi perangkat lunak
e. Mengambil peran sebagai penerjemah kode program program yang tidak interaktif
Jawaban: c. Menciptakan dan memodifiksi program
94. Tool yang menyediakan eksekusi perangkat lunak melalui emulasi adalah jenis tool....
a. Tool editor program
b. Tool kompilator
c. Tool konstruksi
d. Tool interpleter
e. Tool pemodelan
Jawaban: e. Tool pemodelan
95. Tool-tool yang digunakan untuk pengujian perangkat lunak adalah sebagai berikut, kecuali....
a. Generator pengujian
b. Kerangka eksekusi pengujian
c. Tool evaluasi pengujian
d. Tool manajemen pengujian
e. Tool sistem pengujian
Jawaban: e. Tool sistem pengujian
96. Performance analiysis tooldisebut juga dengan....
a. Tool pengujian
b. Tool konstruksi
c. Tool ksmpilor
d. Tool analisis kinerja
e. Tool evaluasi
Jawaban: d. Tool analisis kinerja
97. Kategori ini meliputi metode torspesialisasi untuk pengembangan system yang melibatkan real-time atau aspek keamanan merupakan kategori….
a. Metode-metode terstruktur
b. Metode-metode berorientasi data
c. Metode-metode berorientasi objek
d. Demain spesifik
e. Semua salah
Jawaban: d. Demain spesifik
98. System dipandang sebagai suatu koleksi objek disbanding fungsi merupakan….
a. Metode-metode terstruktur
b. Metode-metode berorientasi data
c. Metode-metode berorientasi objek
d. Demain spesifik
e. Semua salah
Jawaban: c. Metode-metode berorientasi objek
99. Tool ini di gunakan pada hubungan dengan isu pelacak masalah yang berhubungan dengan produk perangkat lunak, penjelasan tersebut merupakan pengertian dari....
a. Tool manajemen versi
b. Tool rilis dan pembangunan
c. Tool kecatatan
d. Tool pemahaman
e. Tool rekayasa ulang
Jawaban: c. Tool kecatatan
100. Tool proses rekayasa perangkat lunak dibagi beberapa kecuali….
a. Tool pemodelan proses
b. Tool manajemen proses
c. Lingkungan CASE terintegrasi
d. Linkungan rekayasa perangkat lunak berpusat proses.
e. Salah semua
Jawaban: e. Salah semua
Posting Komentar untuk "Contoh Soal Rekayasa Perangkat Lunak Dan Jawaban"